Saturday, September 4, 2010

Era Social Media Marketing Optimization

Maraknya situs-situs jejaring social dewasa ini yang berkembang begitu pesat di internet membuat iklim perubahan yang cukup signifikan dalam dunia internet marketing. Tak pelak, biasanya para marketer mengagung-agungkan teknik marketing yang selama ini digunakannya tak mau ketinggalan dengan memanfaatkan tren ini.
Mereka yang biasanya banyak mengandalkan tenaga mesin pencari (search engine optimization) marketing, kini tidak sedikit dari mereka yang beralih menggunakan media sosial ini. Dan di Indonesia sendiri situs berbasis social media ini menempati urutan pertama, dalam hal ini Facebook (ranking Alexa.com).
Maka tak heran orang mulai berupaya keras mengoptimalkan situs-situs komersilnya untuk memanfaatkan situs-situs social media ini dalam usaha pemasarannya. Di situ ada gula, maka di sana ada semut. Anggap saja situs-situs jejaring sosial tersebut adalah gulanya dan semut sebagai orang yang menggunakannya.
Era social media berbeda dengan era-era web sebelumnya. Di era seperti ini memungkinkan interaksi 2 arah lebih sering terjadi, kuatnya aroma humanis membuat social media ini begitu digandrungi, terlebih seperti Facebook yang orang bisa mendapatkan relasi-relasi baru hanya dengan mengklik satu tombol dan konfirmasi dari yang bersangkutan.
Belum lagi kemampuannya yang mampu menghubungkan semua orang di dunia yang memungkinkan seseorang bisa bertemu dengan teman lama dan semua kolega-koleganya. Tentu saja ini menjadi sebuah santapan empuk bagi para marketer untuk memanfaatkan situs jejaring sosial ini dalam kampanye bisnisnya, istilah ngetrendnya adalah social media marketing optimization.
Masih ingat dengan Barack Obama yang sukses melakukan kampanye ?
Ya, salah satu jurus andalannya yang digadang-gadang paling sukses adalah memanfaatkan situs social media ini. Dengan sukses kampanye ini akhirnya Obama dinobatkan menjadi orang nomor 1 di Amerika dan menjadi bersejarah karena pertama kali pesiden Amerika dinahkodai oleh orang berkulit hitam.
Obama sukses membuat orang simpati padanya dengan keahliannya beretorika. Belum lagi hausnya rakyat Amerika yang pada waktu itu dilanda krisis membuat rakyat menginginkan perubahan. Dan terbukti dengan memanfaatkan situs social media dalam marketingnya seperti Youtube, Flicker, Twitter, Myspace, terlebih Facebook Obama berhasil menggaet pendukung yang tidak sedikit yang pada akhirnya memenangkannya.
Di dunia internet marketing sendiri tidak sedikit orang yang memanfaatkan tren social media ini. Lihatlah para pemilik web-web mulai dari corporate hingga personal mulai berlomba-lomba megintegrasikan webnya dengan situs jejaring ini dan menampilkan fans page di web mereka.
Tentu banyak alasan mengapa mereka melakukan ini. Mulai dari agar para penggemarnya tetap mendapatkan info terupdate, branding, sekaligus menyebarkan efek viral marketing yang begitu dahsyat lewat saling berbagi informasi.
So, pasti jika Anda tidak ingin ketinggalan dengan efek social media marketing yang begitu dahsyat ini, sudah waktunya Anda manfaatkan. Dan jika tidak ada halangan ke depan mungkin akan dibahas lebih teknis seperti bagaimana memanfaatkan social media marketing ini tepatnya membuat fans page (tombol like) untuk situs Anda.
Nantikan…
Nah, jika Anda merasa suka dengan artikel-artikel di blog ini Anda bisa tekan tombol like yang bisa Anda temukan di samping blog ini.
Sumber : http://kuncimarketing.com

0 comments: