Saturday, September 4, 2010

Membangun backlinks - Definisi dan Seputar Backlinks

Sebelum membahas tentang backlink, ada baiknya kita flashback tentang SEO on page dan SEO off page. SEO on page merupakan strategi pengoptimalan web di Search Engines yang sepenuhnya berada dalam kendali kita. Misalnya: Strategi Meta tags, Post Title, keywords, struktur website, internal links dll . Sebaliknya SEO off page dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti backlink, anchor text, dll. Mana yang lebih berpengaruh untuk rangking blog dan website kita di search engines. Sebetulnya dua-duanya sangat penting, namun banyak para master SEO mengatakan bahwa strategi off page lebih berperan dalam menentukan rangking website.

Berbicara masalah SEO off page, kita tidak bisa lepas dari makhluk yang namanya backlink. Apa sih sebenarnya backlink itu?

Secara garis besar backlink dapat digambarkan sebagai berikut:
Ketika blog / web A memasang link blog B maka blog B mendapatkan backlink, dan search engines akan menambah poin plus untuk blog B. Namun harus diingat bahwa penambahan poin itu tidak seperti dalam PEMILU Indonesia yaitu one person one vote, karena pihak search engine memberi nilai berbeda untuk setiap link dan biasanya ditentukan oleh tingkat PageRank web pemberi link dan di mana letak link tersebut.

Contoh sederhana: Link blog ber PR tinggi mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan yang PR rendah demikian juga dengan link yang berada di artikel mempunyai nilai lebih dibandingkan link di komentar dan sidebar.

Untuk mengetahui lebih jauh, kita perlu mengetahui juga dua konsep penting yaitu Link Popularity dan Link Reputation.

Link Popularity menekankan pada berapa banyak link berkualitas yang menuju suatu blog atau web.

Link Reputation menekankan pada keywords apa saja yang dipakai dalam anchor text. Apakah ada relevansinya satu sama lain? Kalau saya boleh memberi istilah yaitu variasi kata kunci yang berkaitan. Variasi keywords berkaitan tersebut penting karena setiap pengunjung tidak selalu menggunakan kata yang sama sebagai keywords untuk mencari informasi lewat Search Engines

Misalnya: A menggunakan kata Bisnis Online sebagai keywords untuk mencari informasi bisnis di internet. B menggunakan istilah Bisnis Internet untuk mencari informasi yang sama. Jadi informasi bisnis internet mempunyai variasi beberapa keywords seperti: bisnis online, bisnis internet, dll. Jika sudah optimal, mau pakai keyword bisnis online atau bisnis internet, maka blog anda akan tetap nangkring di urutan atas halamannya Simbah kakung. Hebatkan???

Oleh karena itu kedua konsep itulah yang harus diperjuangkan? Pertama adalah mendapatkan sebanyak mungkin link berkualitas dan kedua adalah membangun banyak variasi kata kunci yang relevan untuk blog kita.

Pertanyaannya adalah mengapa Links itu begitu penting agar anda sukses di dunia maya???

• Pertama: Links adalah makanan pokok spider (Jadi beda… kuda makanannya rumput tetapi robot spider makanannya links)
Link sangat penting karena agar blog anda terjaring oleh robot dan akhirnya terindex di Search Engines. Selanjutnya tugas mereka adalah menentukan rangking sesuai dengan terms (kategori) web atau blog.

• Kedua: Links akan memperkokoh relevansi halaman blog kita.
Maksudnya: dengan memperbanyak links dengan blog lain yang relevan berarti anda mempermudah halaman blog anda ditemukan oleh si Mbah google yang kemudian akan di-indeks dan di rangking. Jadi setiap si mbah melakukan inspeksi ke blog bisnis misalnya, maka ia akan menemukan links kita di sana. Akhirnya blog kita dianggap ngetop dan ditempatkan di rangking yang tinggi untuk terms (kategori) tertentu.

Dapat kita garis bawahi bahwa untuk mendapatkan posisi tinggi di SERPs ditentukan tidak hanya banyaknya links, tetapi juga banyaknya kualitas links dan banyaknya links dari website yang relevan atau website yang sejenis dengan blog kita.

Sumber: zam-sy.blogspot.com

0 comments: